Sosialisasi Perluasan Dan Uji Coba Sistem Indonesia National Single Window (Insw) Serta Peresmian Gedung Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan Tahun 2014

Project Description

Guna meningkatkan pengawasan dan pengamanan produk pertanian maupun peternakan, baik yang ditujukan sebagai produk impor ataupun ekspor, Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II (BKP2) Medan akhirnya diresmikan.

Peresmian kantor BKP2 yang berlokasi di Dusun Lestari, Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin Kuala Namu itu pun disahkan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI, Suswono.

Mentan menyebutkan, Balai Karantina Pertanian Kelas II tersebut berperan sebagai border dalam rangka mencegah adanya penyebaran Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), serta penyebaran penyakit yang dibawa oleh produk pertanian maupun tanaman ke tanah air.

“Kita tahu jika sampai lolos ke Indonesia maka akan merugikan banyak hal. Sehingga pada tanaman kita produktivitasnya akan menurun, bahkan hingga gagal panen. Untuk hewan juga demikian,” ungkapnya kepada wartawan, usai meresmikan kantor tersebut.

Atas hal itu, sambung Suswono, kedepan, Balai Karantina harus mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga dan mengantisipasi penularan penyakit dan keamanan dari produk pertanian dan pangan, baik yang masuk maupun keluar negeri.

“Inilah yang bisa dilakukan, mencegah produk-produk pangan impor yang bisa berdampak pada kesehatan. Untuk itu harus diperiksa betul, bahwa produk yang masuk itu aman untuk dikonsumsi. Selain itu untuk ekspor juga penting, karena jika tidak aman, kita akan kena pinalti,” jelasnya.

Menurut Suswono, Balai Karantina itu sangat penting bagi suatu negara. Malah, sangkin pentingnya, disejumlah negara lain Badan Karantina sudah diposisikan selevel dengan menteri.

“Nah memang sekarang ada gagasan bahwa Badan Karantina akan dibuat langsung di bawah presiden. Tinggal apakah nanti dapat diwujudkan oleh pemerintah kedepan, dan memang idealnya Badan Karantina itu sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) T Erry yang turut hadir menyampaikan, dukungannya. Sebab, dengan adanya Balai Karantina Kelas II Medan tersebut sangat mendukung aeropolis bandara Kualanamu.

“Kita bangga, bandara kita kan harus punya kelengkapan-kelengkapan pendukung, termasuk Balai Karantina ini. Harapannya, kedepan ekspor-impor dapat di cek dengan baik melaui Balai Karantina ini,” jelasnya.

Dalam peresmian kantor tersebut, sejumlah steakholder terkait serta hadir, seperti Kepala Dinas Pertanian Sumut dan Kepala Badan Karantina Pertanian RI.

Project Details
Category

Event

Client

BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II MEDAN

Lokasi

KANTOR BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II MEDAN DUSUN LESTARI, DESA PASAR V KEBUN KELAPA KECAMATAN BERINGIN KUALA NAMU

Previous
Next